NEWS UPDATE :  

PROFIL

PROFIL  PONDOK PESANTREN  NURUL JADID DURIPOKU


Pondok Pesantren Nurul Jadid merupakan lembaga pendidikan yang menitik beratkan pada pembinaan akhlak.

Mulai di rintis oleh K. H, Zaini, S.Pd.I sejak tahun 1993 M dengan di bukanya Pegajian kitab dengan system halaqah (bugis: angngaji tudang) hingga pada tahun 1998 atas permintaan masyarakat di bukalah tingkatan Tsanawiyah dan pada Tanggal 08 Agustus 1998 resmi menjadi pondok pesantren

Pondok pesantren ini berkedudukan di jalan Pendidikan, No. 10, desa Saptanajaya, Kec.Duripoku, kab.Mamuju Utara, Sulawesi barat.

Secara formal pondok  pesantren ini berdiri sendiri. Adapun kegiatan pendidikan yang dikelola saat ini adalah Mts, MA dan Madrasah Diniyah dan TPA.

Kegiatan pondok pesantren yang utama adalah di bidang pendidikan agama di selenggarakan secara formal dan nonformal yang mengarah pada pembinaan akhlak serta pengembangan diri di bidang Iman dan Takwa (IMTAQ) dan ilmu pengetahuan dan tekhnologi  (IPTEK)


V I S I

Beriman, Bertaqwa, Berahlakul Karimah, Cerdas, Inovatif, Berilmu amaliyah dan beramal ilmiah


M I S I

- Mewujudkan sistem pendidikan terpadu antara umum dan agama dalam suasana islami

- Mempersiapkan dan mewujudkan kader bangsa yang berwawasan luas, berintegritas tinggi dan menguasai komunikasi internasional dan berorientasi kepada pengabdian masyarakat dengan jiwa ikhlas.

- Menjadi muslim yang sujana dengan penguasaan ilmu agama yang komprehwnsif dan mampu menjawab tantangan zaman serta menjadi tauladan di masyarakat


ORIENTASI PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

- Bimbingan tahfidzul quran 

- Bimbingan Qiroatul kutub

- Bimbingan  menggunakan Dwi Bahasa ( Inggris dan Arab)

- Latihan Dakwah dan Pidato.

- Organisasi santri yakni Organisasi santri pondok pesantren Nurul Jadid (OSP2NJ), organisasi santri yang di kelola oleh santri/ santri wati dengan bimbingan dan pengawasan guru.



JENJANG PENDIDIKAN

Adapun jenjang  Pendidikan yang di naungi Pondok Pesantren Nurul Jadid Duripoku  Adalah sebagai berikut 


A. MADRASAH NONFORMAL


     1. TPA NURUL JADID

Taman Pendidikan Al-quran  yang kegiatan belajarnya tidak dipusatkan di Lingkungan Pondok Pesantren, tapi di sebar keberbagai tempat, dengan target peserta didik adalah murid SD atau SMP yang tidak mondok di Pondok Pesantren Nurul Jadid.


    2. MADRASAH DINIYAH

Madrasah Diniyah adalah system pendidikan Non Formal yang berlokasi di area Pondok Pesantren Nurul Jadid dengan system pembelajaran terbagi menjadi 3 Jurusan ( daar ) yaitu Daarul lughoh, daarul kutub dan daarul quran.

        -  Daarul Lughoh

Program bahasa yang kami rancang khusus santri muqim yang ingin mahir dalam bercakap-cakap menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dengan system Fullday Conversation.

        -  Daarul Kutub

Program Bagaimana cara cepat membaca kitab kuning ini kami sediakan khusus kepada santri muqim yang ingin mempelajari cara cepat membaca kitab kuning dengan system I’dadiyah yang kami adopsi dari Pondok Pesantren Sidogiri Jawa Timur.

        -  Daarul Quran

Daarul Quran adalah program yang kami sediakan husus santri Muqim yang ingin mempelajari ilmu Al-quran sekaligus menghafalnya.


B. MADRASAH FORMAL

     1. Madrasah Tsanawiyah

Madrasah Tsanawiyah adalah pendidikan setingkat SMP yang kurikulum dan system pengajarannya mengikuti standar Dinas Pendidikan Nasional dan Kementrian Agama dengan Ijazah di akui oleh pemerintah.

     2. Madrasah Aliyah

Madrasah Aliyah adalah pendidikan setingkat SMA yang kurikulum dan system pengajarannya mengikuti standar Dinas Pendidikan Nasional dan Kementrian Agama dengan Ijazah di akui oleh pemerintah.

A. KEAMANAN & KETERTIBAN (KAMTIB)

Bagian Kamtib (Keamanan Dan Ketertiban) Merupakan Salah Satu Perangkat Penting Di Pondok Pesantren NURUL Jadid Untuk Membawa Santri Mematuhi Peraturan. Kamtib Bertugas Mengawasi Dan Memberikan Sanksi Jika Terjadi Pelanggaran Terhadap Peraturan Dan Tata Tertib PPNJ. Dengan Fungsi Ini Diharapkan Sikap Disiplin Dan Taat Aturan Tertanam Dengan Baik Dalam Jiwa Para Santri.

Selain Bertugas Melakukan Penertiban Di Dalam, Kamtib Juga Bertugas Menjaga Keamaan Pesantren. Untuk Mengantisipasi Kemungkinan Yang Tidak Diinginkan Di Malam Hari, Bagian Kamtib Mengadakan Ronda Keliling. 

Selain Bertugas Menangani Ketertiban Dan Keamanan, Bag. Kamtib Juga Bertugas Memfasilitasi Para Wali Santri (Tamu) Yang Berkujung Ke Pondok Pesantren Nurul Jadid Untuk Menjenguk (Mengirim) Putrinya.


KEPENGASUHAN SANTRI

Kepengasuhan Santri (KEPSAN) Adalah Bagian Strukur Yang Berfungsi Sebagai Pelaksana Program Yayasan Khusus Di Bagian Peembinaan Kegiatan Yaumiyah Santri Melalui Pembentukan Organisasi Santri Pondok Pesantrwn Nurul Jadid (OSP2NJ)

Organisasi Santri Pondok Pesantren Nurul Jadid Atau Biasa Di Singkat OSP2NJ Adalah Organisasi Santri Muqim Yang Dikelola Oleh Santri Senior.

Adapun Visi Dan Misi OSP2NJ Adalah Sebagai Berikut:

Visi :


Mewujudkan OSP2NJ Sebagai Wadah Pembelajaran Santri Dalam Berorganisasi Sehingga Santri Dapat Menjadi Pemimpin Yang Amanah Di Masa Mendatang.

Misi:


- Mewujudkan OSP2NJ Sebagai Motor Penggerak Seluruh Kegiatan Yaumiyah Santri Pondok Pesantren Nurul Jadid Sehingga Terbiasa Menjadi Pemimpin Sebagai Modal Utama Dalam Bermasyarakat.

- Mewujudkan Santri Senior Sebagai Uswatun Hasanah Bagi Santri Junior.